Minikino dan Film Pendek di Bali


Komunitas kreatif pembuat film pendek pasti mengenal “Minikino” sebagai sebuah wadah yang mengayomi para pembuat film pendek yang mempercayai film pendek juga merupakan bagian dari seni.  Dalam situs mereka yaitu www. Minikino.org dinyatakan, Minikino membawa banyak hasil seleksi film pendek  dan juga pembuat filmnya dari luar negeri untuk diperkenalkan di Indonesia atau sebaliknya.

Minikino setiap bulan melakukan pemutaran film pendek dan diskusi untuk memberikan kesempatan kepada para pembuat film untuk menampilkan karya-karya mereka. Minikinino juga menyediakan festival film baik luar dan dalam negeri  dengan melakukan seleksi terhadap karya film pendek dari luar negeri atau dalam negeri. Minikino saat ini memiliki 4 tempat di tiga kota untuk melakukan pemutaran dan diskusi film, yaitu : Jakarta, Bandung dan Bali. Titin Wulia, pembuat film pendek dan juga pengelola Minikino termasuk salah satu dari pembuat film pendek yang cukup sering mengikutkan karyanya dalam festival film pendek tingkat internasional.

Tema yang digarap sangat beragam dan  memberikan ruang secara bebas untuk eksplorasi gagasan, termasuk mengangkat isu jender dan trans-jender. Pembuatan dan karya film pendek merupakan proses kerja kreatif dari para pekerja seni yang membutuhkan perhatian dari pemerintah untuk mendorong makin tumbuhnya  karya-karya film pendek di Bali pada khususnya.

This entry was posted in film and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s